Smartphone Samsung Galaxy A71 Mantap Untuk Fotografi, Seru Buat Gaming

Smartphone Samsung Galaxy A71 Mantap Untuk Fotografi, Seru Buat Gaming


"Galaxy A71 resmi tersedia di pasaran Indonesia sebagai line up smartphone Galaxy A Series paling baru. Perangkat kedua A series di tahun 2020 setelah Galaxy A51 ini membawa segudang fitur unggulan yang dipersembahkan bagi generasi live awesome. Diantaranya kemampuan kamera yang digadang-gadang cocok untuk para content creator muda, sistem pembayaran digital yang terintegrasi dengan NFC dan tentunya tampilan desain yang cukup berkelas."

Satu lagi yang cukup menarik, Galaxy A71 ini juga ternyata diposisikan untuk gaming loh. Hal ini berkat dukungan chipset Snapdragon 730G serta hadirnya fitur Al Gaming Booster. Untuk memperkuat kemampuannya ini, Galaxy A71 juga kukuhkan sebagai salah satu smartphone resmi Piala President Esport 2020. Bagi kamu yang penasaran dengan performa dari Galaxy A71, jangan tinggalkan blog teknologi informasi sampai menemukan jawabannya.

Smartphone Samsung Galaxy A71 Mantap Untuk Fotografi, Seru Buat Gaming

Desain Keren


Sama halnya dengan Seri A terbaru lainnya, desain Galaxy A71 pun telah mengikuti tren kekinian. Tidak lagi mengusung ciri khas Samsung lawas dengan desain rounding. Secara tampilan, bodi Galaxy A71 memang tidak jauh berbeda dengan Galaxy A51. Hanya saja, Galaxy A71 punya dimensi yang sedikit lebih bongsor.

Meski memiliki ukuran yang cukup besar, namun Galaxy A71 masih mantap dan nyaman dalam genggaman. Bodinya juga lebih slim ketimbang seri A lama semisal Galaxy A70. Wajar saja, ketebalan bodinya cuma berkisar 7,7mm. Satu lagi, konstruksi fisik Galaxy A71 terasa kokoh dan solid.

Meski secara keseluruhan bodi Galaxy A71 terlihat tanpa cacat. Namun dimata para netizen, tetap saja ada minusnya. Salah satu bagian yang cukup mendapat kritikan pedas adalah material bodi yang menggunakan bahan plastik polycarbonate. Lapisan 'serupa' kaca yang membungkusnya pun mudah meninggalkan bekas sidik jari, jadi terlihat kotor. Tapi tunggu dulu, cover belakang Galaxy A71 ternyata punya struktur patern yang unik. Selain ada garis vertikal, sisi belakang ini juga memiliki motif berlian (diamond). Lumayan keren dan elegan.

Di bagian belakang, pengguna akan menemukan konfigurasi kamera dengan model yang sepertinya tengah menjadi tren, yakni kotak. Di Samsung sendiri, model peletakan kamera seperti ini sudah dimulai sejak Galaxy M30s. Dibanding struktur memanjang model kotak ini terlihat lebih apik. Untuk panel lainnya seperti tombol power dan volume, Galaxy A71 meletakannya di sisi kanan. Sementara sisi sebearanya ada SIM card tray. Di dalamnya, pengguna akan menemukan 3 slot kartu yakni 2 baki untuk SIM operator dan 1 lagi untuk microSD. Di sisi bagian bawah, Galaxy A71 meletakan corong speaker, mikrofon, Port USB Type-C dan audio jack 3.5mm. 

Layar Super AMOLED Plus


Bicara urusan layar, Samsung memang tidak ada duanya. Hampir sebagian besar produk-produknya, terutama untuk kelas menengah ke atas, Samsung menggunakan jenis layar besutannya sendiri. Dan di Galaxy A71 ini Samsung menanamkan layar Super AMOLED Plus. Sebenarnya, apa sih istimewanya Super AMOLED Plus? Jika dikomparasi dengan generasi layar AMOLED sebelumnya, ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan. Dengan layar Super AMOLED Plus, smartphone jadi lebih tipis dan ringan tapi kualitas layar tetap apik dengan warna yang nyata dalam segala pengalaman visual.

Galaxy A71 sendiri memiliki bentang layar 6.7 inci yang oleh Samsung disebut dengan istilah Infinity-O. Selain ukurannya yang besar, smartphone ini juga mengusung bezel yang terbilang sangat tipis. Bahkan, nyaris sama rata dengan tepian bodi. Inilah yang membuat dimensi layar Galaxy A71 terlihat sangat luas.

Tidak hanya itu, Layar Galaxy A71 juga terasa lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa perangkat lawas seri A. Wajar sih, smartphone anyar ini membawa rasio aspek 20:9 yang membuat tayangan antarmuka OneUI berbasis Android 10 jadi terasa 'jangkung'. Untuk resolusinya pun sudah Full HD+, dengan kerapatan piksel sekitar 393 ppi. Alhasil, gambar yang tertampil terlihat apik dan warna yang terpancar pun lebih maksimal.

Layaknya perangkat flagship, Galaxy A71 juga menyertakan beragam pengaturan penting terkait display. Pengguna bisa mengatur mode layar dari yang natural tingkat warna layar (RGB) termasuk white balance. Untuk yang ingin tampil beda, Galaxy A71 sudah menyertakan opsi Dark Mode yang diklaim keren serta ramah mata. Ada juga fitur Blue light filter untuk melindungi mata dari efek cahaya perusak mata yang biasanya diakibatkan karena cahaya biru berlebihan dari layar.

Ukuran layar yang besar kerap menyulitkan akses dengan satu tangan. Tapi jangan khawatir, di Galaxy A71 ini Samsung tetap menyertakan opsi One-handed mode. Cukup dengan cara menggeser ke bawah ujung layar paling bawah, atau double tap tombol Home. Pilihannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

One UI 2 Berbasis Android 10

Sepperti yang sudah disinggung sebelumnya, Galaxy A71 juga sudah dibekali antarmuka paling baru besutan Samsung yang sebelumnya hanya tersedia di perangkat flagship anyar mereka.
Sama sih seperti Galaxy A51 yang sudah lebih dahulu hadir di pasaran. Samsung sepertinya ingin menghadirkan sesuatu yang lebih istimewa di lini A Series, terutama di kedua perangkat paling baru kelas menengah ini.

Sistem One UI versi 2 yang dibawa Galaxy A71 berbasiskan Android 10. Banyak hal baru terkait personalisasi dan juga fitur-fitur penting yang disematkan di platform ini. Selain Edge screen, masih banyak lagi pengaturan seru yang bisa dimaksimalkan. Sebut saja asisten cerdas Samsung Bixby yang bisa menampilkan beragam informasi penting. Ada juga fitur bawaan Android 10 yang cukup bermanfaat yakni Parental Control.

Untuk sistem keamanan, Samsung Galaxy A71 sudah menyediakan beragam mode termasuk biometric. Pengguna bisa mengkombinasikan antara fingerprint yang tertanam di dalam layar dengan face recognition. Kedua mode keamanan ini punya kinerja yang sangat baik. Sensor sidik jari maupun pemindai wajah bisa dengan cepat merespon dan mendeteksi data yang tersimpan untuk membuka locksreen.

Performa Terbaik untuk Gaming

Berbeda dengan Galaxy A51 yang menggunakan chipset Exynos 9611, di Galaxy A71 ini Samsung membenamkan jeroan dari Qualcomm yakni Snapdragon 730G. Chipset ini terdiri dari 2 ini 2.2GHz Cortex-A76 yang diposisikan untuk melibas fungsi-fungsi berat semisal gaming. Berikutnya ada 6 inti dengan clockspeed 1.8GHz Cortex-A55 untuk kegiatan yang lebih ringan. Kinerja Hardware tersebut juga didukung oleh RAM 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128GB UFS 2.1. Kombinasi ini tentu saja bukan kaleng-kaleng. Semua fungsi berat maupun ringan yang dikerjakan ponsel bisa dilibas dengan baik dan lancar.

Bahkan, penggunaan Snapdragon 730G ini diklaim memiliki fitur ekslusif yang mendukung pengalaman gaming yang lebih maksimal, diantaranya peningkatan grafis yang lebih tinggi hingga 15% dari pendahulunya. Sebagai informasi, Galaxy A71 mengandalkan Adreno 618 untuk urusan grafis. Tidak hanya itu, chipset yang digunakan perangkat ini juga dirancang untuk mengoptimalkan sinyal WIFI saat digunakan untuk kegiatan live semacam game online.

Untuk urusan gaming, Galaxy A71 didukung Al Gaming Booster yang digadang-gadang membawa beragam fitur penting seperti screen recording yang bisa dimanfaatkan membuat live content saat bermain game untuk berbagi strategi gaming yang dimainkan dengan rekan-rekan. Fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan mode kamera dan mikrofon. Ada juga fitur Discord yang memungkinkan pengguna unuk terhubung langsung dengan para gamers saat sedang bermain game tertentu, dan model interaksinya bisa melalui voice chat.

Kemampuan utama dari Al Gaming Booster di Galaxy A71 sejatinya dapat menyesuaikan performa game yang sedang dimainkan, baik fokus pada penghematan daya baterai, kinierja gaming atau berimbang antara keduanya. Saat melakukan chatting sambil nge-game, akan ada bar pop-up yang tentunya tidak mengganggu aksi permainan. Al Gaming Boosting juga menyertakan pengaturan tambahan untuk meminimalisir notifikasi yang menggangu permainan.

Saat diujicoba memainkan beberapa game kekinian seperti Free Fire, Mobil Legend dan sebagainya, Galaxy A71 mampu berakselerasi dengan baik dan lancar. Grafisnya pun bisa diatur ke level terbaik.

Quad Camera dengan Fungsi Keren



Sektor kamera seperti menjadi salah satu unggulan Galaxy A71 yang mendapatkan peningkatan signifikan dibanding perangkat-perangkat Samsung A Series sebelumnya. Seperti disinggung sebelumnya, perangkat ini punya konfigurasi kamera utama yang unik. Susunan kameranya berbentuk kotak, yang menjadi tren baru di kelas menengah ke atas. Selain tata letak yang trendi, sensor kamera serta kemampuan yang ditawarkan kamera Galaxy A71 pun cukup keren. Untuk konfigurasi lensa kamera sih sama seperti Galaxy A51, ada 4 sensor di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan.

Bedanya dengan Galaxy A51 ada di sensor kamera utama. Jika Galaxy A51 resolusinya 48MP, di Galaxy A71 berkekuatan 64MP dengan sensor GQ1 yang punya bukaan lengsa F1.8. Kamera utama ini yang secara default akan menghasilkan jepretan foto dengan kualitas gambar berdetail tinggi dan tajam baik di siang hari maupun dalam kondisi minim cahaya.

Berikutnya adalah kamera 5MP lensa makro yang menjadi keunggulan Galaxy A Series paling baru (A51 dan A71). Lensa macro ini menjadi yang terbesar pertama di pasaran tanah air. Di perangkat lain, rata-rata masih sebatas 2MP. Jangkauan bidikan makro di Galaxy A71 paling top di 4cm. Kualitas jepretan makronya pun cukup baik dengan detail gambar yang natural, tapi tentu saja harus di tempat yang pencahayaannya berlimpah. Jika di kondisi lokasi yang agak redup, akan banyak noise. Minusnya, kamera makro ini tidak dibekali fiturnya auto fokus. Jadi, untuk bisa mendapatkan bidikan yang tajam dan stabil, pengguna harus mengatur dan menyesuaikan posisi saat akan mengambil foto makro.

Tidak kalah menarikanya, Galaxy A71 juga menyertakan kamera ultra-wide berkekuatan 12MP. Kamera ini bisa menangkap gambar dengan area yang cukup luas. Teknisnya, bisa mencakup sudut hingga 123 derajat. Cocoklah untuk yang hobi mengambil foto landscape. Nah terakhir adalah kamera depth sensor 5MP yang bisa menghasilkan foto bokeh. Menariknya, Samsung tetap menyertakan fitur Live Focus yang sepertinya mulai dijadikan fitur standar di perangkat Samsung baik kelas menengah maupun flagship. Dengan mode Live Focus ini, pengguna bisa melakukan pengaturan tingkat bokeh saat membidik gambar. Tampilan boleh bisa langsung terlihat di view finder loh.

Fitur lain yang juga disediakan kamera Galaxy A71 diantaranya Super Slow-mo, Slow motion, Hyperlase, Panorama, Food, dan tentunya Night Mode. Untuk yang ingin mengasah kemampuan fotografi, bisa mencoba mode Pro.

Seperti di Galaxt A51, untuk perekaman video di Galaxy A71 pun ada fitur Super yang mengandalkan gyro-EIS.

Hanya saja, ketika fitur ini diaktifkan pengguna tidak bisa memanfaatkan opsi zooming, filter dan sebagainya. Untuk resolusi rekam gambar, Galaxy A71 sudah mendukung video 4K (2160@30fps). Cocok nih untuk yang ingin membuat konten vlog.

Lalu, bagaimana dengan kamera depan? Seperti diulas sebelumnya, Galaxy A71 menghadirkan layar Infinity-O yang mana kamera depan ada di dalam layar. Posisinya ada di tengah atas dengan bentuk serupa 'tompel'. Sensor kameranya sendiri berkekuatan 32MP dengan aperture F2.2. Kamera depan ini mendukung opsi wide angle untuk selfie beramai-ramai.
Kamera depan ini juga disokong beragam fungsi keren seperti AR Moji, Sticker, Filter dan tentunya Beauty mode.

Baterai 4500 mAh plus 25W Fast Charging


Sesuai dengan kampanye produk Galaxy A71, perangkat ini juga mengunggulkan performa baterai tahan lama yang cocok untuk kegiatan live termasuk mobile gaming. berdasarkan data teknis, Galaxy A71 disokong baterai berkapasitas 4500 mAh. Setingkat lebih besar dibanding Galaxy A51 yang punya baterai 400 mAh.

Soal performa, baterai perangkat ini memang terbukti awet. Dalam sekali pengisian ulang penuh, baterai Galaxy A71 bisa bertahan seharian. Sementara untuk standby saja sih bisa bertahan lebih dari tiga hari, dengan catatan sinyal operator stabil dan koneksi lainnya dalam posisi off. Satu keunggulan Galaxy A71 di sisi penyuplai daya adalah dukungan pengisian super cepat (super fast charging) dengan kekuatan 25 Watt.

Kesimpulan


Untuk Anda yang mendambakan smartphone dengan kualitas kamera terbaik di kelasnya, dan sekaligus menawarkan performa gaming yang handal, Galaxy A71 bisa dijadikan pilihan yang cukup menarik. Meskipun dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi yakni Rp. 6.099.000, namun tawaran layanan purna jual yang luas serta beragam fitur keren yang dibawa perangkat ini, setidaknya masih bisa dianggap wajar.
Sekian informasi tentang Smartphone Samsung Galaxy A71, sebagai referensi buat kamu yang suka nge Game.

(sumber Tabloid Pulsa)