Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Perangkat Komunikasi Komputer

Perangkat Komunikasi


Sebuah perangkat komunikasi adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan komputer untuk mengirim (transmit) dan menerima data, instruksi dan informasi ke dan dari satu atau lebih komputer atau perangkat mobile. Sebuah perangkat komunikasi yang banyak digunakan adalah modem. Komunikasi terjadi melalui kabel. saluran telepon, jaringan radio selular, satelit dan media transmisi lainnya. Selain itu terdapat juga media transmisi yang nirkabel seperti satelit dan jaringan radio selular.


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Komputer

Keuntungan Menggunakan Komputer


Manfaat dari menggunakan komputer dimungkinkan karena komputer memiliki keunggulan kecepatan, kehandalan, konsistensi, penyimpanan dan komunikasi.

■  Kecepatan

Ketika data, instruksi dan arus informasi di sepanjang sirkuit elektronik dalam komputer, mereka melakukan proses pada kecepatan sangal cepat. Banyak komputer memproses miliaran atau triliunan operasi dalam satu detik. Pengolahan melibatkan komputasi (menambah, mengurangi, mengkali, membagi), pengurutan (misalnya, alfabetis), pengorganisasian, menampilkan gambar, merekam audio, bermain musik dan menunjukkan sebuah film atau video.

■ Keandalan

Komponen elektronik di komputer modern yang dapat diandalkan dan dapat diandalkan karena mereka jarang rusak atau gagal.

■ Konsistensi
Mengingat masukan dan proses yang sama, komputer akan menghasilkan hasil yang sama secara konsisten. Akurasi output komputer sangat bergantung kepada keakuratan input. Jika kita tidak menggunakan lampu kilat pada kamera digital ketika di dalam ruangan, maka hasil gambar yang diperoleh tidak akan sebaik ketika menggunakan lampu kilat dalam melakukan pengambilan gambar.

■ Penyimpanan

Sebuah komputer dapat mentransfer data dengan cepat dari penyimpanan ke memori, memproses data tersebut dan kemudian menyimpannya kembali untuk penggunaan masa depan. Banyak komputer menyimpan sejumlah besar data dan membuat data ini tersedia untuk pengolahan kapan saja apabila dibutuhkan.

■ Komunikasi

Sebagian besar komputer saat ini dapat berkomunikasi dengan komputer lain, sering sccara nirkabel. Komputer dengan kemampuan ini dapat berbagi salah satu dari empat operasi pengolahan siklus informasi yaitu input, proses, output dan penyimpanan dengan komputer lain atau pengguna.

Kerugian Menggunakan Komputer


Beberapa kerugian komputer berhubungan dengan risiko kesehatan, pelanggaran privasi, keamanan publik. dampak pada angkatan kerja dan dampak terhadap lingkungan.

■ Resiko Kesehatan

Penggunaan komputer yang berkepanjangan atau tidak benar dapat menyebabkan cedera atau gangguan pada tangan. siku. pergelangan tangan mata, leher dan tulang punggung. Pengguna komputer dapat melindungi diri dari risiko kesehatan dengan mendesain tempat kerja secara cepat. postur yang baik saat di depan komputer dan waktu untuk istirahat dari kerja. Dua risiko kesehatan biasanya dikarenakan kecanduan komputer dan kelebihan teknologi. Kecanduan komputer terjadi ketika seseorang menjadi terobsesi dengan menggunakan komputer. Individu yang menderita kelebihan teknologi merasa tertekan ketika kekurangan komputer dan perangkat mobile.
■ Pelanggaran Privasi

Hampir setiap peristiwa hidup disimpan dalam komputer di suatu tempat. Seperti catatan medis, laporan kredit, pajak dan lainnya. Dalam banyak kasus, di mana catatan pribadi dan rahasia tidak dilindungi dengan baik, maka privasi rnereka dilanggar dan identitas dicuri.

■ Keamanan Publik

Orang dewasa, remaja dan anak-anak di seluruh dunia menggunakan komputer untuk berbagi foto mereka, video, jurnal, musik dan informasi pribadi lainnya secara terbuka. Beberapa orang yang tidak bersalah karena mengunggah kehidupan pribadi mereka di internet, rnalah menjadi korban bagi orang asing yang mencari kesempatan. Karenaya penting selalu berhati-hati menyebarkan informasi yang bersifat pribadi di internet.

■ Dampak terhadap Angkatan Kerja

Meskipun komputer telah meningkatkan produktivitas dalam banyak cara dan menciptakan seluruh industri dengan ratusan ribu pekerjaan baru, tetapi keterampilan jutaan karyawan telah digantikan oleh komputer. Jadi, sangat penting untuk pekerja agar pendidikan atau pengetahuan mereka tetap up to date. Dampak terpisah pada angkatan kerja adalah bahwa beberapa perusahaan lebih memilih pekerja dari luar daripada pekerja dalam negeri.

■ Dampak Lingkungan

Proses manufaktur Komputer dan limbah komputer menghabiskan sumber daya alam dan mencemari lingkungan. Ketika komputer dibuang di tempat pembuangan sampah, komputer tersebut dapat melepaskan kandungan baban beracun dan berpotensi bahaya bagi lingkungan.

Green computing mengurangi listrik yang dikonsumsi dan limbah lingkungan yang dihasilkan saat menggunakan komputer. Strategi yang mendukung komputasi hijau ini ialah daur ulang, mengatur proses manufaktur, memperpanjang hidup komputer dan segera menyumbangkan atau dengan benar membuang komputer. Ketika Anda membeli komputer baru, beberapa pengecer menawarkan untuk membuang komputer lama Anda dengan benar, bahkan mereka mendaur ulang komputer yang sudah tidak terpakai.