Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Data dan Informasi, Siklus Pengolahan Informasi, Komponen Komputer

Tujuan Instruksional Umum

  • Setelah mempelajari bagian ini, pembaca diharapkan mampu memahami konsep konsep dasar, terminologi serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada kegiatan sehari hari.

Tujuan Instruksional Khusus
  • Pembaca mengetahui berbagai terminologi yang digunakan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  • Pembaca dapat memahami konsep konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi
  • Pembaca mengenal jenis data/informasi, perangkat komputer, jaringan internet dan pengguna komputer.

Komputer

Di zaman modern seperti saat ini, segala aspek kehidupan manusia tidak terlepas dari peralatan elektronik yang serba canggih. Peralatan tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat yang paling umum dan tidak terpisahkan dari kegiatan manusia sehari-hari adalah komputer.

Komputer merupakan perangkat elektronik, yang beroperasi di bawah kendali instruksi yang memiliki memori. dapat menerima dan mengolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, menghasilkan basil atau informasi dan menyimpan basil tersebut untuk digunakan di masa depan atau di kemudian hari.

Data dan Informasi

Komputer digunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Data sendiri ialah kumpulan item yang belum diproses, yang dapat mencakup teks, angka, gambar, audio dan video. Sedangkan informasi adalah basil dari data yang telah diproses.

Dalarn kehidupan sehari-sehari banyak kegiatan yang melibatkan penggunaan penggunaan komputer untuk memperoleh informasi. Salah satunya yang paling sering kita jumpai ialah memproses beberapa item data untuk mencetak informasi dalam bentuk tanda terima kasir.


Siklus Pengolahan Informasi


Komputer mengolah data (input) menjadi informasi (output). Komputer melakukan proses menggunakan instruksi atau langkah-langkah secara berurutan yang memberitahu komputer bagaimana melakukan tugas tertentu. Sebuah kumpulan instruksi ini saling terkait untuk membentuk sebuah informasi baru (output).

Sebuah komputer menyimpan data, informasi dan instruksi didalam penyimpanan yang berguna untuk digunakan di masa depan. Rangkaian input, proses dan output merupakan siklus pengolahan informasi. Sebagian besar komputer saling terhubung dan berkomunikasi dengan komputer lain. Sehingga komunikasi juga telah menjadi elemen penting dari siklus pengolahan informasi.

Komponen Komputer


Komputer terdiri dari berbagai komponen, yaitu perangkat input, perangkat output, unit sistem perangkat penyimpanan dan perangkat komunikasi. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai komponen komputer tersebut.

Perangkat Input

Perangkat input adalah komponen hardware yang memungkinkan pengguna komputer untuk memasukkan data dan instruksi ke dalam komputer. Lima perangkat input yang banyak digunakan adalah:
  • Keyboard Komputer dioperasikan dengan cara menekan tombol yang diinginkan untuk memasukkan data ke komputer. Untuk tujuan keamanan, beberapa keyboard memiliki pembaca sidik jari, yang memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan komputer hanya jika sidik jari Anda dikenali.
  • Mouse adalah perangkat genggam kecil. Dengan mouse, pengguna dapat mengontrol pergerakan simbol kecil di layar, yang disebut pointer dan pengguna dapat membuat pilihan dari layar.
  • Mikrofon memungkinkan pengguna untuk berbicara ke komputer. Biasanya digunakan untuk merekam suara yang masuk ke dalam komputer.
  • Scanner dapat mengkonversi bahan cetak (seperti teks dan gambar) ke dalam komputer sehingga dapat digunakan tanpa harus memakan waktu.
  • Web cam adalah kamera video digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat film atau mengambil gambar dan menyimpannya di komputer. Biasanya juga digunakan untuk dapat saling berinteraksi antar pengguna komputer.
Unit Sistem

Unit sistem adalah komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk mengolah data. Sirkuit dari unit sistem biasanya merupakan bagian dari atau terhubung ke sebuah papan sirkuit yang disebut motherboard. Dua komponen utama pada motherboard adalah proscsor dan memori.

Prosesor, juga disebut CPU (central processing unit) adalah komponen elektronik yang menafsirkan dan melaksanakan instruksi dasar yang mengoperasikan komputer. Memori terdiri dari komponen elektronik yang menyimpan instruksi yang menunggu untuk dieksekusi dan data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut. Meskipun beberapa bentuk memori permanen, kebanyakan memori juga menyimpan data dan instruksi sementara, yang berarti isinya akan terhapus saat komputer dimatikan.

Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan menyimpan data, instruksi dan informasi untuk penggunaan masa depan. Sebagai contoh, komputer dapat menyimpan ratusan atau jutaan nama dan alamat pelanggan. Sebuah komputer menyimpan data, instruksi dan informasi pada media penyimpanan. Contoh media penyimpanan USB flash drive, hard disk, cakram optik dan kartu memori.

Sebuah perangkat penyimpanan mencatat (write) dan atau mengambil data ke dan dari media penyimpanan. Drive yang merupakan jenis perangkat penyimpanan, menerima jenis tertentu media penyimpanan. Misalnya, DVD drive (perangkat penyimpanan) menerima DVD (media penyimpanan). Perangkat penyimpanan seringkali berfungsi sebagai sumber masukan karena mereka mentransfer item dari penyimpanan ke memori.

USB flash drive adalah perangkat penyimpanan portabel yang kecil dan cukup ringan untuk dibawa pada gantungan kunci atau di saku. Rata-rata USB flash drive dapat menyimpan sekitar 4 miliar karakter. Pengguna hanya tinggal menancapkan USB flash drive ke dalam USB port pada Komputer atau laptop.
Hard disk menyediakan kapasilas penyimpanan yang jauh lebih besar dari USB flash drive. Rata-rata hard disk dapat menyimpan lebih dari 320 miliar karakter. Hard disk tertutup dalam kedap udara. Meskipun beberapa jenis hard disk itu portabel. tetapi sebagian besar disimpan di dalam unit sistem. Hard disk eksternal yang terpisah, cara penggunaanya sama dengan USB, yaitu dilancapkan pada USB port. Cakram optik adalah sebuah CD, DVD dan Blu-ray Disc. Scbuah CD dapat terus dari 650 juta untuk 1 miliar karakter. Beberapa DVD dapat menyimpan dua film full-length atau 17 milyar karakter. Disc Blu-ray dapat menyimpan sekitar 46 jam video standar atau 100 milyar karakter.

Beberapa perangkat mobile, seperti kamera digital, menggunakan kartu memori sebagai media penyimpanan . Anda dapat menggunakan card reader / writer untuk mentransfer item yang disimpan, seperti foto digital, dari kartu memori ke komputer atau printer.