Tata Kelola Teknologi Informasi dan Bisnis

Tata Kelola Teknologi Informasi dan Bisnis 

Tata Kelola Teknologi Informasi menyediakan struktur yang menghubungkan proses Teknologi Informasi, sumber daya Teknologi Informasi, dan informasi dengan strategi dan sasaran perusahaan. Dimungkinkan untuk mengintegrasikan manajemen Teknologi Informasi dan optimalisasi bisnis melalui perencanaan dan organisasi kinerja Teknologi Informasi (PO), pengadaan dan implementasi (AI), pengiriman dan dukungan (DS). 

Manajemen Teknologi Informasi merupakan bagian integral dari keberhasilan manajemen bisnis dan dijamin efisien dan efektif dalam mengukur perbaikan proses bisnis. Manajemen Teknologi Informasi memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi sepenuhnya sambil bersaing, memaksimalkan keuntungan, modal, peluang, dan keunggulan kompetitif. 

Manajemen (manajemen bisnis) dan sistem yang dikelola dan dikelola oleh kumpulan dan bimbingan manajemen Teknologi Informasi. Namun, Teknologi Informasi dapat memberikan masukan kritis dan merupakan bagian penting dari perencanaan strategis. Bahkan, Teknologi Informasi dapat mempengaruhi pilihan strategis yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Bisnis membutuhkan informasi operasi Teknologi Informasi untuk mencapai tujuan bisnis. Jaminan keberhasilan suatu organisasi berasal dari saling ketergantungan antara perencanaan strategis dan aktivitas Teknologi Informasi lainnya. Bisnis membutuhkan informasi operasi Teknologi Informasi untuk mengintegrasikan tujuan bisnis mereka. 

Siklus peraturan perusahaan dapat digambarkan sebagai berikut: Manajemen perusahaan ditentukan oleh praktik terbaik yang diterima secara umum untuk memastikan bahwa tujuan perusahaan tercapai melalui kontrol tertentu. Dari tujuan tersebut mengalir arah organisasi yang mengatur kegiatan atau aktivitas perusahaan dengan menggunakan sumber daya perusahaan. Hasil aktivitas atau kinerja perusahaan diukur dan dilaporkan, memberikan masukan untuk pengendalian, dan seterusnya, kembali ke awal siklus. 

Siklus regulasi Teknologi Informasi dapat dijelaskan sebagai berikut: Tata kelola Teknologi Informasi ditentukan oleh praktik terbaik untuk memastikan bahwa informasi perusahaan dan teknologi terkait mendukung tujuan bisnisnya, sumber daya digunakan secara bertanggung jawab, dan risiko dikelola dengan baik. Praktik-praktik ini menjadi dasar pedoman operasional Teknologi Informasi, yang dapat dikelompokkan menjadi PO, AI, DS, dan M, dengan tujuan pengelolaan (meningkatkan keamanan, keandalan, dan kepatuhan) dan kinerja (meningkatkan efisiensi dan efektivitas). Laporan diterbitkan oleh hasil atau aktivitas operasi Teknologi Informasi, yang diukur dengan berbagai praktik dan kontrol, dll. hingga awal siklus. 

Untuk memastikan bahwa manajemen mewujudkan tujuan bisnisnya, ia harus mengatur dan mengarahkan operasi Teknologi Informasi untuk mencapai keseimbangan yang efektif antara manajemen risiko dan profitabilitas. Untuk melakukan ini, manajemen harus mengidentifikasi fungsi yang paling penting. Selain itu, juga harus mampu menilai kesiapan organisasi sesuai best practice dan standar internasional. Untuk mendukung kebutuhan manajemen ini, pedoman manajemen COBIT secara khusus mendefinisikan CSF tata kelola Teknologi Informasi, KGI, KPI, dan model maturitas.